Jumat, 16 Januari 2015

Paradigma Keberhasilan

Bagaimana agar bisa berhasil, dalam situasi dimana tidak ada yang bisa dikontrol, tidak ada yang bisa diatur, tidak ada tombol pengendali?

Untuk jawabannya (baca: Bertindak Berdasarkan Kepentingan Utama Anda lengkapnya baca: Larry Levin), yang memberi saran begini: "jika tidak ada satupun tindakan yang dapat dilakukan untuk mengontrol pasar, satu-satunya yang dapat dilakukan adalah mengontrol diri-sendiri".

Saran ini mejelaskan secara tegas bahwa, permasalahan utama ada pada mental-psikologi seseorang!

Lebih tepat adalah: pada masalah ke-disiplin-an seseorang!

Sumber: http://www.berdagangvalasonline.com/mental_psychology/paradigma_keberhasilan.html

Sebagian besar mereka yang berdagang valas online, pada awal-awalnya mengalami, tekanan, stress, kerugian, kegagalan, meninggalkan rasa sakit dan kesan negatif berkepanjangan. Tetapi akhirnya mereka semua berhasil karena: telah siap dan mempersiapkan diri, memperkuat kemauannya, tekun melatih diri, mepunyai semangat pantang menyerah dan selalu berlatih kesabaran (baca: Masalah dan Rasa Sakit, untuk lebih lengkap baca: M. Scott Peck).

Masalahnya, terutama mereka yang gagal adalah karena tidak menyadari, ada perbedaan yang sangat besar antara cara hidup sehari-hari, dengan pekerjaan berdagang valas online.

Tanpa disadari, dalam kehidupan sehari-hari, banyak hal-hal kecil selalu berhasil dilakukan sesuai kehendak. Sebagai contoh: untuk mendengar siaran radio atau televisi, tinggal menekan tombol power dan memilih saluran; sore hari menjelang gelap, suasana remang-remang, hanya dengan menekan tombol di dinding, lampu-lampu menyala, semua menjadi terang; dan ketika ingin bepergian menggunakan sepeda-motor atau mobil, tinggal memasukkan kunci kontak kemudian memutarnya, kendaraan siap dikendarai. Di dalam semua kegiatan tersebut, hanya dengan sedikit tindakan semua keinginan terkabul, dan hal-hal seperti itu sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, yang membentuk paradigma keberhasilan, atau pola tentang keberhasilan (baca: Paradigma dan Apakah Paradigma Itu?), untuk lebih jelas (baca: Stephen R. Covey - The 7 Habits of Highly Effective People dan The 8th Habit), juga (baca: Chaos Theory: A New Paradigm for Trading).

Ketika terjun dalam pekerjaan berdagang valas online tidak ada satupun tindakan dapat dilakukan, untuk mengontrol pasar, mempengaruhi pasar, agar sesuai dengan keinginan. Tidak ada tombol yang dapat ditekan untuk mengontrol pasar, agar bergerak naik saat open-posisi beli, sebaliknya tidak ada kunci yang dapat diputar, untuk mengontrol agar pasar bergerak turun, saat open-posisi jual dilakukan. Hasilnya adalah kerugian, karena semuanya menjadi tidak pasti, dan membingungkan!

Bagaimana agar bisa berhasil, dalam situasi dimana tidak ada yang bisa dikontrol, tidak ada yang bisa diatur, tidak ada tombol pengendali?

Untuk jawabannya (baca: Bertindak Berdasarkan Kepentingan Utama Anda lengkapnya baca: Larry Levin), yang memberi saran begini: jika tidak ada satupun tindakan yang dapat dilakukan untuk mengontrol pasar, satu-satunya yang dapat dilakukan adalah mengontrol diri-sendiri.

Saran ini mejelaskan secara tegas bahwa, permasalahan utama ada pada mental-psikologi seseorang!

Kesimpulannya, selalu ikuti apa yang dilakukan pasar, jika harga di pasar bergerak naik, lakukan open-posisi beli dan jika harga di pasar bergerak turun, lakukan open-posisi jual. Jangan pernah menduga-duga atau memperkirakan kemana arah pasar akan bergerak, selalu bertindak berdasarkan apa yang sedang terjadi, apa yang sedang terlihat dalam grafik harga. Semua itu bisa dilakukan jika telah melatih dan terlatih untuk selalu berada dalam keadaan disini saat ini, dan menyadari apa yang sedang diinginkan, apa yang sedang dipikirkan atau apa yang sedang diharapkan (baca: Siapakah Anda dan Meditasi Mengenal Diri juga cerita singkat: Kesadaran Tak Kunjung Henti).