Selasa, 27 Januari 2015

Pengertian Simpati dan Empati

seorang trader... sebaiknya menumbuhkan dan memupuk baik fikiran simpati maupun perasaan empati... mengapa?

ini alasannya:

untuk bisa menikmati keuntungan dari bisnis forex, seorang trader harus tau mengapa harga-harga bisa bergerak naik, turun dan lebih sering datar dalam range yang tidak begitu besar... mengapa? ini jawaban singkatnya: harga bergerak karena ada transaksi yang dilakukan oleh pelaku pasar.

jawaban yang agak panjang seperti ini: harga bergerak karena (1). ada nilai penawaran yang ditawarkan terhadap mata uang tertentu dan (2). ada minat pelaku pasar terhadap nilai penawaran yang ditawarkan tersebut.

ha ha ha... itu hasil cuplikan dari buku!

abaikan dulu tentang: "ada nilai penawaran yang ditawarkan terhadap mata uang tertentu", sekarang coba fokus pada: "ada minat pelaku pasar terhadap nilai penawaran yang ditawarkan tersebut".


kata-kata "minat pelaku pasar" itu sangat menentukan...
andaikan saja bisa diketahui minat pelaku pasar itu dengan jelas... 

sayangnya... kata "andaikan" dalam kalimat di atas mempunyai konotasi tidak bisa... 

tetapi setidaknya,  dengan menumbuhkan dan memupuk baik fikiran simpati maupun perasaan empati, akan lebih mudah memikirkan maupun merasakan perasaan orang lain.
dan... karena semua pelaku pasar adalah orang lain... maka... dengan menumbuhkan dan memupuk baik fikiran simpati maupun perasaan empati... sepertinya... sedikit-banyak... kira-kira... mudah-muahan... minat pelaku pasar itu... (silahkan teman-teman lanjutkan sendiri-sendiri...).

ha ha ha... siapa tau?

DALAM PRAKTEK BAGAIMANA?
SANGAT SEDERHANA
MULAI DENGAN MEMBACA POSTING TEMAN-TEMAN LAINNYA, KLIK "Like" JIKA MARASA DIBANTU OLEH MATERI POSTING TERSEBUT.
ITULAH BENTUK NYATA PRAKTEK SIMPATI DAN EMPATI YANG MUDAH DILAKUKAN.

Sumber: http://temukanpengertian.blogspot.com/2013/09/pengertian-simpati.html

Pengertian Simpati


Simpati adalah perasaan tertarik yang timbul dalam diri seseorang terhadap orang lain. Adanya rasa ketertarikan tersebut membuatnya merasa seolah-olah berada dalam keadaan orang lain. Sehingga orang yang bersimpati akan ikut terlarut dalam perasaan pikiran, kebahagiaan, bahkan kesedihan yang dirasakan oleh orang lain. Jika dibandingkan dengan imitasi, sugesti, dan identifikasi, simpati terjadi melalui proses yang relatif lambat. Namun, pengaruh simpati lebih mendalam dan tahan lama. Simpati menjadi pondasi terbentuknya persahabatan. Contohnya, Lia bersimpati atas apa yang dirasakan oleh Nina temannya.

Pengertian Empati


Empati adalah proses kejiwaan seseorang individu larut dalam perasaan orang lain baik suka maupun duka, dan seolah-olah merasakan atupun mengalami apa yang dirasakan atu dialami oleh orang tersebut. Empati merupakan kelanjutan dari sikap simpati, yaitu perbuatan nyata untuk mewujudkan rasa simpatinya itu. Contohnya, Danang merasa sangat bersedih dan terharu ketika melihat Wawan temannya harus bekerja di malam hari untuk membayar biaya sekolahnya. ia seolah-olah merasakan beban yang harus dipikul oleh Wawan. Oleh karena itu, Danang sering membantu Wawan.

Semoga berguna.