Rabu, 24 Desember 2014

Kesabaran Dalam Trading

Sumber: http://www.forexindo.com/forum/threads/belajar-menganalisa-chart-ala-kg.95/page-548#post-45327


Banyak pemula menyangka bahwa trading di forex market hanya membutuhkan hal-hal teknis dan analysis belaka, ketika hal-hal teknis dan analisis sejalan dengan pergerakan harga maka seolah-olah semuanya sudah selesai. Secara teknik iya bener semuanya selesai, tetapi setelah semuanya berjalan sesuai analisis ada faktor lain dalam diri kita yang kemudian tanpa kita sadari bekerja dengan sangat halus dan mempengaruhi semua keputusan yang akan kita lakukan. Faktor tersebut adalah faktor psikologis.

Banyak trader pemula meremehkan faktor ini dan tidak menyadari peranannya yang sangat dominan dalam setiap pengambilan keputusan yang kita lakukan. Dalam menganalisa dan membuat keputusan OP mungkin kita bisa meminimalisir pengaruh faktor psikologis ini dalam analisa dan pengambilan keputusan yang kita lakukan, karena pikiran kita sudah di dominasi hal-hal logic yang kita gunakan, kita percayai dan kita yakini dalam menganalisa dan membuat keputusan OP. Pengaruh psikologis bisa kita tekan pada tahapan ini. Tetapi setelah keputusan kita lakukan dan OP sudah berjalan, seringkali kita melakukan sebuah keputusan untuk menutup OP (profit ataupun loss) tanpa alasan yang se-logic dan sesuai analisis yang kita lakukan. Betul nggak?

Kalo kita analisa mengapa itu terjadi, maka kita bakal menemukan bahwa seringkali hal-hal non logis begitu cepat mempengaruhi kita dan membuat kita mengambil sebuah keputusan untuk menutup OP kita saat itu. Jika anda memiliki catatan atau diary OP-OP Anda maka Anda akan terkejut bahwa alasan Anda menutup OP anda sama sekali tidak beralasan atau non logis. Coba deh buka kembali Diary OP Anda. Jika Anda jujur menuliskan semua alasan kenapa Anda OP dan kenapa Anda mengclose OP-OP Anda maka Anda akan tertawa sendiri membaca kembali alasan Anda mengclose OP Anda hehehehehe.. Contohnya saya sendiri deh, dulu seringkali saya mengclose OP hanya karena harga tiba-tiba berbalik dengan sangat cepat padahal saya baru OP. Lalu ada juga saya mengclose OP karena terpengaruh analisa orang lain. Lalu ada juga saya mengclose OP karena terpengaruh omongan orang di Forum atau Chat room yang sama sekali tidak saya tahu kredibilitasnya dalam menganalisa secara nyata. He..he..he membaca ulang semua catatan saya membuat saya berpikir alangkah dungu nya saya.. huahahahaha

Tetapi saya juga berpikir kenapa itu bisa terjadi ? Simple jawaban dan solusinya ternyata... Saya hanya harus bisa memiliki kepercayaan dan keyakinan pada analisa yang saya lakukan setelah saya membuka OP sama kuatnya dengan sebelum saya OP. Dan selama proses tersebut berjalan saya harus memiliki KESABARAN untuk mengikuti ritme pergerakan harga dan hanya mengambil keputusan untuk mengclose OP saya jika syarat-syarat yang sudah saya tetapkan di awal analisa yang saya lakukan terpenuhi. Itu saja... tetapi untuk itu saya perlu memiliki kesabaran...

Semoga menginspirasi

FB