Minggu, 28 Desember 2014

Untuk menjadi Entrepreneur Sukses, Kalahkan 6 Ketakutan Berikut

Sumber: http://mahapati.com/bisnis/129-untuk-menjadi-entrepreneur-sukses-kalahkan-6-ketakutan-berikut

Banyak orang bermimpi menjadi seorang entrepreneur. Namun, mereka seringkali tak mewujudkan impian tersebut karena mereka merasa tak mampu melewati berbagai rasa takut yang datang dalam pikiran mereka. Terlepas dari ide jenius yang Anda miliki, ide itu akan tak berarti apa-apa jika Anda tak menemukan keberanian untuk mengatasi enam ketakutan berikut ini.

1. Takut gagal dan takut dengan risiko

Jika Anda ingin meraih hal besar, Anda harus melawan rasa takut dan risiko yang siap menghadang di depan Anda. Mark Organ, seorang CEO sukses dari perusahaan pemasaran perangkat lunak pernah berkata, "Tak ada cara bagi seorang entrepreneur untuk mendapatkan uang tanpa mengambil risiko."

Risiko selalu menjanjikan imbalan dan keuntungan yang lebih besar serta lebih bermanfaat. Banyak orang menganggap risiko sebagai aspek negatif yang perlu dihindari. Namun, daripada berusaha menghindar dan bersembunyi dari risiko, Anda seharusnya mulai memahami bahwa tak ada suatu kesuksesan yang didapat tanpa mengambil risiko. Pahamilah dan siapkan berbagai langkah untuk mengatasi hal itu.

Saat risiko berbuah kegagalan, hal itu akan membuka pandangan dalam diri Anda bahwa ternyata kegagalan bisa memunculkan sebuah peluang baru. Anda tidak akan pernah memberi diri Anda kesempatan untuk berhasil sebagai entrepreneur jika Anda tidak bersahabat dengan berbagai kegagalan yang mungkin bisa terjadi.

2. Takut dengan apa yang akan diucapkan orang lain

Kita hidup di dunia dimana banyak orang lebih senang melihat orang lain gagal daripada melihat orang lain meraih kesuksesan. Takut pada seseorang yang menunggu Anda gagal bisa menyulitkan Anda untuk meraih kesuksesan.

Sebuah adegan dalam film Pursuit of Happyness yang dibintangi Will Smith mengungkapkan hal serupa, "Jangan pernah biarkan seseorang berkata 'Kamu tidak bisa'. Kau punya mimpi, dan jagalah impian itu. Seseorang yang gagal dalam melakukan sesuatu akan berkata 'Kamu takkan bisa melakukannya'. Jika kamu menginginkan sesuatu, pergi dan dapatkanlah!"

Seorang entrepreneur akan menghadapi banyak kritik dari teman dan kerabat di sekelilingnya. Jadi, kepercayaan pada diri sendiri adalah sesuatu yang sangat penting untuk dimiliki. Jika tidak, Anda tak akan punya kesempatan untuk menjadi seorang entrepreneur.

3. Takut mengambil keputusan yang salah

Ketakutan terbesar yang menghalangi potensi dari banyak entrepreneur adalah takut untuk membuat keputusan yang salah.

Orang yang berkata ingin menjadi seorang entrepreneur seringkali sudah memiliki pekerjaan di perusahaan atau di lembaga pemerintah. Namun, mereka memiliki keinginan untuk bekerja secara mandiri. Akhirnya, mereka merasa sangat sulit dalam mengambil keputusan yang berisiko.

Jika Anda merasa bahwa sangat sulit mengatasi rasa takut dalam mengambil keputusan, Anda harus merasa lebih percaya diri. Lakukan riset terhadap ide yang ingin Anda wujudkan, konsultasikan dengan orang lain yang sudah sukses dan lebih berpengalaman, uji produk yang akan Anda tawarkan pada beberapa kelompok masyarakat, dan buatlah business plan untuk membuat Anda lebih dekat dalam meraih kesuksesan.

4. Takut karena merasa tak memiliki kemampuan atau pengalaman

Rasa takut yang muncul karena merasa tidak memiliki pengalaman atau pengetahuan dalam bisnis sangat lumrah terjadi pada seorang entrepreneur pemula. Seringkali ada banyak orang yang membaca atau melihat profil pengusaha sukses kemudian berkata pada diri mereka sendiri, "Aku tak bisa melakukannya." Tahukah Anda? Sebenarnya, Anda juga bisa melakukannya.

Richard Branson, salah seorang miliuner terkaya di dunia pernah berkata, "Cara terbaik untuk mempelajari sesuatu adalah dengan mempraktekkannnya."

Banyak entrepreneur kelas dunia kesulitan dalam bidang akademis yang mereka jalani. Pendidikan formal bukanlah syarat bagi seseorang sebelum memulai bisnis. Jadi, mengapa Anda takut karena bukan lulusan sekolah bisnis? Ambillah peluang! Jika Anda memiliki passion terhadap sesuatu yang Anda lakukan, itu sudah cukup untuk membuat Anda bisa lebih sukses dari seorang sarjana bisnis.

5. Takut mengalami kesulitan finansial

Masalah finansial adalah sebuah ketakutan yang wajar dialami orang setiap entrepreneur. Dibutuhkan banyak keberanian untuk menabung dan merubah gaya hidup agar impian Anda bisa tercapai.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Wells Fargo/Gallup Small Business Index, sebagian besar bisnis diawali dengan dana $10.000 yang berasal dari kocek pribadi dari pemilik bisnis tersebut. Menghindari hutang yang berlebih serta menghargai setiap uang yang dimiliki akan membantu Anda menghindari risiko kesulitan finansial.

Anda juga bisa mengurangi risiko kesulitan finansial dengan menyiapkan segalanya terlebih dahulu. Sebuah business plan beserta progress report dan prakiraan penjualan akan membantu Anda dalam mengarahkan bisnis dan memastikan Anda selalu berada di dalam jalur yang tepat.

6. Takut kehidupan saat ini akan terganggu

Memulai bisnis sendiri membutuhkan banyak waktu dan kerja keras demi memperbesar peluang meraih kesuksesan. Jadi, sangat penting untuk membiasakan diri dengan hal ini sebelum memasuki dunia entrepreneur.

Bisnis akan membutuhkan perhatian khusus dari Anda, dan hal ini bisa membuat waktu Anda bersama keluarga dan teman berkurang secara drastis. Untuk mengatasinya, cobalah mencari beberapa aspek dalam bisnis Anda yang bisa ditangani oleh orang lain, dan coba buatlah proses bisnis Anda menjadi sesederhana dan semudah mungkin. Ini akan membuat pekerjaan Anda lebih ringan sehingga Anda memiliki beberapa waktu luang untuk dihabiskan dengan teman dan keluarga.

Jika Anda sedang berencana untuk mengambil lompatan besar dalam hidup dengan menjadi seorang pengusaha, bersiaplah untuk bekerja keras. Teruslah dorong diri Anda dan ambil setiap kesempatan yang bisa membuat Anda tetap tetap termotivasi dalam menjalani kehidupan sebagai seorang entrepreneur.